Atdikcairo.org - Keluarga sebagai sekolah pertama bagi anak merupakan pondasi penting bagi perkembangan dan pertumbuhan anak. Hal itu dibahas dalam acara Parenting Orang Tua Hebat, Anak Berprestasi yang diadakan Sekolah Indonesia Cairo (SIC), Senin, 12 Desember 2016 di Aula SIC, Dokki.

Dr. Usman Syihab yang menjadi salah satu pemateri dalam acara tersebut menjelaskan pentingnya peran orang tua dalam proses anak meraih prestasinya. Menurutnya, hubungan komunikasi yang baik antara anak-orang tua, anak-sekolah, orang tua-sekolah, dapat menciptakan ekosistem pendidikan yang efektif. Salah satunya dengan memaksimalkan peran orang tua dalam mendisiplinkan jadwal belajar anak, jadwal bermain, mendampingi beberapa kegiatan anak di sekolah, dan perlibatan orang tua dalam program yang diadakan sekolah.

Selain seminar pendidikan orang tua, dalam acara tersebut para orang tua/wali murid menyampaikan berbagai aspirasinya untuk pihak sekolah. Di antaranya usulan orang tua yang ingin diadakannya materi qiraat dan baca tulis Alquran dalam kurikulum pendidikan sekolah, sebagai bentuk antisipasi bagi anak-anak yang orang tuanya tidak punya banyak waktu untuk anaknya di rumah.

Dalam sesi tanya jawab, Atdikbud juga memaparkan bagaimana proses penggodokan kurikulum bahan ajar sekolah di berbagai tingkatan struktural, sehingga materi yang diajarkan ke siswa sesuai dengan kebutuhan usianya.

Acara berlangsung dari  pagi hingga sore hari. Selain materi pendidikan orang tua, para orang tua juga menyimak sosialisasi pengurusan izin tinggal di Mesir dan perlindungan anak/orang tua WNI dari Dr. Windratmo Suwarno, Kepala Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Cairo.  Materi terakhir mengenai kesehatan dalam keluarga yang disampaikan oleh dr. Anjar Wardhani.

 

 

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.