Senin, 22 September 2014
Orientasi & Pembekalan Calon Peserta Darmasiswa RI 2011 dan Beasiswa S2 Program KNB PDF Cetak E-mail
Laporan wartawan ATDIKCAIRO.org   
Sabtu, 10 September 2011, 09:01 CLT


 Berita Lainnya :


atdikcairo.org - 20 orang mahasiswa Mesir yang akan mengikuti program Darmasiswa dan Beasiswa S2 Program Kemitraan Negara Berkembang (KNB), 9 September 2011, ikuti Acara Orientasi dan Pembekalan di KBRI Cairo.

Kuasa Usaha a.i. RI Cairo, Burhanuddin Badruzzaman, dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa setamat dari Program Darmasiswa di Indonesia, diharapkan peserta tidak saja mampu secara aktif memandu dan menjadi penerjemah bagi para pengusaha Mesir yg melakukan bisnis impor barang-barang dari Indonesia, tetapi justru diharapkan dapat menjadi pengusaha yang mendorong kerja sama perdagangan antara Indonesia dan Mesir.

KUAI menambahkan bahwa selain kerja sama bidang pendidikan dan pertukaran pelajar/mahasiswa, KBRI juga melakukan upaya kerja sama dalam bentuk pertukaran pemuda, antara lain berupa fasilitasi kunjungan 20 pemuda Mesir ke Indonesia yang dipandu oleh Majelis Tertinggi Urusan Pemuda Mesir, selain itu juga menfasilitasi kunjungan group kesenian yang dikelola Kementerian Kebudayaan Mesir. Pada kesempatan tersebut, KUAI juga menyampaikan bahwa pasca revolusi 25 Januari di Mesir, Indonesia sering dilibatkan untuk membagi pengalaman mengatasi krisis politik dan ekonomi dalam berbagai forum.

Mengakhiri sambutannya, KUAI berpesan kepada seluruh calon peserta untuk memanfaatkan kesempatan selama di Indonesia dengan sebaik mungkin, agar dapat menyerap ilmu dan pengalaman yang bermanfaat. Sehingga di antara peserta ini nantinya ada yang dapat mendorong peningkatan kerja sama kedua Negara di segala bidang.

Atase Pendidikan, Prof. Dr. Sangidu, M.Hum., yang memandu acara orientasi antara lain mengatakan bahwa semula peserta darmasiswa dari Mesir berjumlah 33 orang, namun karena kondisi ekonomi dan politik pasca revolusi, peserta berkurang menjadi 18 org, dan 2 orang peserta beasiswa S2 program KNB, sehingga jumlah seluruhnya 20 orang. 18 orang peserta Darmasiswa akan belajar bahasa dan budaya Indonesia di Yogyakarta, dan 1 orang program S2 Bahasa Inggris di Universitas Padjajaran, dan 1 orang program S2 Science di UNS Surakarta.

Hadir juga dalam acara orientasi Kepala Kanselerai KBRI Cairo, Muhammad Abdullah, Pelaksana Funsi Pensosbud, Iwan Wijaya Mulyatno, Sekretaris III Pensosbud, Muhammad Nur Salim, dan para orang tua calon peserta atau yang mewakili. Peserta Darmasiswa diharapkan berangkat ke Indonesia pada tanggal 20 September 2011, untuk mengikuti Orientasi di Jakarta pada tanggal 22-23 September 2011 sebelum berangkat menuju perguruan tinggi tempat selama satu tahun ke depan.


 

Atase Pendidikan KBRI Cairo

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City
P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp :  +20-2-7947200/7947209
Fax  :  +20-2-27962495

Webmaster/pengelola situs:

Email utama : sayyidzuhdi@gmail.com

Email alternatif: sayyidzuhdi@atdikcairo.org

Telp. +20 109 340 340 2